131011 kamis


Hari ini aku menemukan beberapa pelajaran hidup yang sangat penting. Pelajaran hidup yang akan berguna dalam kehidupanku kini dan esok. Suatu pelajaran yang membuat diri yang hina ini berpikir keras untuk menghindari hal-hal yang sedemikian rupa.

Dari pagi hingga sore, memang diri ini belum produktif sama sekali. Belum ada tulisan yang aku hasilkan, namun insya Allah diri ini bermanfaat untuk orang lain pada hari ini. Sungguh sangat menyenangkan. Tapi menjelang adzan maghrib tadi, aku mendengar keributan tetangga yang bertengklar. Semua kata yang tak patut diucapkan, aku dengar dengan sangat jelas sekali. Aku sedih tentu saja. Sebagai tetangga, tak banyak yang bisa aku lakukan. Aku hanyalah seseorang yang belum dipandang di masyarakat, mengingat umurku yang masih tergolong muda. Aku hanya berpikir, jika suatu saat nanti aku sudah memiliki anak dan anakku mendengar kata-kata itu, apa yang akan terjadi? Aku langsung mengelus perutku, sembari berdoa semoga Allah melindungi anakku kelak dari kejamnya dunia yang siap menghantam siapa saja. Amin.

Ba’da Isya’ aku menjenguk tetangga depan yang baru saja keguguran. Sebagai tetangga pula, aku sangat malu. Gimana enggak, hamilnya aja aku gak tahu kok tiba-tiba keguguran. Aku sangat menyadari bahwa kepekaanku pada lingkungan sekitarku masih sangat rendah. Aku lebih banyak berinteraksi dengan teman-temanku di lingkungan yang lain, padahal tetangga adalah lingkungan terdekatku. Sambil bertamu, tetanggaku menceritakan awal mulanya tiba-tiba dikiret. Aku mendengarkan dengan seksama, sapa tahu besok akan berguna dalam kehidupanku kelak. Hehe. Semoga bermanfaat hidupku hari ini.

Pelajaran hidup hari ini :

1.       Tingkatkan interaksi dengan tetangga rumah

2.       Sadarilah bahwa diri ini adalah makhluk sosial

3.       Jangan suka membicarakan orang lain di belakang mereka

4.       Kalau sudah hamil nanti, jaga janin kalian baik-baik

5.       Kalau bisa wirausaha, agar tidak dituntut pekerjaan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata Mutiara tentang Pernikahan

Sakitnya Hati Ketika Tak Dipercaya

Pantun Pernikahan...