Temukan Keistimewaan Dirimu

Semangat dakwah pena tak akan pernah berhenti berkobar sampai kapanpun, mimpiku pasti tergapai


Tak akan pernah ada yang bisa memungkiri bahwa banyak insan yang berangan menjadi seseorang yang sukses, khususnya di Indonesia. Apalagi di era global fenomena luar biasa yang pasti akan sanggup membuat kita terperangah. Banyak lulusan sarjana mulai dari perguruan tinggi kelas atas hingga yang biasa-biasa saja, masih jadi pengangguran. Aktivitas yang dilakukannya setelah wisuda adalah mencari lowongan pekerjaan di koran ataupun internet, mengikuti jobfair dimana-mana, sampai meminta tolong kepada rekan ataupun kerabat untuk memberikan info tentang lowongan pekerjaan. Padahal mereka adalah generasi masa depan bangsa. Di tangan merekalah nasib masa depan bangsa ini berubah. Kalau selamanya dari generasi itu hanya mencari tanpa berpikir cerdas, tentu kita semua akan menyadari jadi apa bangsa Indonesia ini ke depan. Menjadi seorang yang sukses itu bukan hanya dengan mencari peluang kawan, tapi ciptakan peluang itu sendiri karena kalian mampu untuk menciptakan peluang-peluang emas itu.

Banyak jalan menuju Roma, begitu pula banyak jalan menciptakan peluang emas menuju jalan kesuksesan itu. Salah satunya adalah menjadi seorang penulis. Siapa yang mampu menghitung berapa jumlah generasi bangsa Indonesia ini yang berangan menggapai kesuksesan melalui jalan menjadi seorang penulis. Tak akan ada yang mampu menghitungnya, karena memang jumlahnya terlalu banyak. Akan tetapi ketika yang dipertanyakan adalah berapa jumlah generasi yang dengan serius menggapai cita-cita itu, pasti kau dapat menghitungnya, karena mungkin kita ada di barisan pejuang yang memperjuangkan mimpinya. Walau mungkin sekarang kita masih baru memulai menggapai kesuksesan itu.

Sungguh, menjadi seorang penulis hebat itu tidak mudah, tetapi tidak sulit bagi orang yang bersungguh-sungguh. Pepatah Arab mengatakan bahwa, “Manjadda wajadda.” Dalam arti bahasa Indonesia kita mengartikan barangsiapa yang bersungguh-sungguh maka akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Bersungguh-sungguh adalah kunci awal menjadi penulis hebat. Dengan bersungguh-sungguh, tentu kita akan mudah menemukan letak motivasi kita. Motivasi yang akan selalu mendorong semangat kita di perjalanan menuju kesuksesan itu. Motivasi yang menumbuhkan semangat yang luar biasa dan yang akan selalu hadir dalam tiap angan kita. Sama seperti aku yang baru memulai titik awal dari sebuah perjalanan panjang menuju kesuksesan kelak. Saat aku masih menyandang predikat mahasiswa, aku selalu sadar bahwa aku sangat tertarik dengan dunia tulis menulis. Tapi terlalu banyak alasan yang menjauhkanku dari dunia ini, padahal banyak ide-ide cemerlang yang selalu berjalan-jalan dalam pikiranku. Salah satunya saat menunggu dengan bengong, banyak ide-ide tentang alur cerpen yang ingin aku buat, tetapi aku sendiri yang melemahkan impianku dengan alasan-alasan bak pecundang.

Hingga suatu saat, Allah memanggil seorang lelaki terhebat dalam hidupku. Seorang lelaki luar biasa yang banyak memberikan pendidikan kehidupan hingga aku menginjak bangku perkuliahan. Tetapi sungguh Allah lebih menyayangi beliau dibandingkan aku, namun sungguh aku menyadari bahwa inilah yang terbaik. Mengutip perkataan Bang Ali, “Selalu ada rahasia dibalik rahasia.” Kalimat itulah yang aku yakini hingga sekarang. Bapak pergi untuk selamanya pun, aku selalu yakin bahwa Allah menyiapkan kado terindah untukku suatu hari nanti. Aku sendiri pun tak tahu apa kado terindah itu, mungkin saja kado itu adalah sebuah buku yang aku tulis sendiri nanti atau yang lain, hanya Allah yang mengetahui. Satu yang pasti, semua nasehat beliau adalah titik awal motivasiku sehingga aku memutuskan untuk berani menempuh jalan kesuksesan ini. Aku yakin suatu saat nanti motivasiku ini akan layu, tapi aku menyiapkan pupuk, air, dan segala yang mampu membangkitkan motivasiku. Senyum ibunda dan kebanggaan keluarga tercinta adalah pupuk tersubur dalam membangkitkan semangatku menempuh perjalanan ini.

Walau tak semua orang yang berangan menjadi penulis akan menjadi penulis yang sesungguhnya, namun yakinlah bahwa semua yang kita lakukan tak akan pernah sia-sia. Kita masih memiliki Allah yang Maha Adil. Allah tak pernah salah mengalamatkan rezeki bermiliar umat manusia. Kawan, mari bersama saling menguatkan motivasi di jalan perjuangan yang penuh dengan batu kerikil dan duri yang tajam ini. Selamat berkarya wahai generasi masa depan bangsa Indonesia. Raih kesuksesanmu dengan menciptakan peluang, bukan dengan menunggu peluang. Semoga sukses.

-Bermimpilah setinggi mungkin hingga kau mampu meraihnya dengan keras-
Fyhuma Az-Zahra

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketika Mimpi Menabrak Realita

Izinkan Aku Sejenak Beristirahat Menikmati Jurang Kehancuran

Pantun Pernikahan...